Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan anak usia dini boleh jadi merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang akan menitikberatkan pada peletakan tingkat dasar menuju ke arah pertumbuhan serta perkembangan fisik atau koordinasi motorik halus dan kasar, kemudian kecerdasan yaitu daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, serta kecerdasan spiritual, sosial emosional yaitu sikap dan perilaku serta agama, bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Baca juga Model Pembelajaran Kooperatif atau Pembelajaran Inovatif Langkah Langkah Model Pembelajaran Inovatif dalam kumpulan artikel pendidikan dalam blog ini.
Adapun diselenggarakannya pendidikan anak usia dini ini memiliki tujuan yaitu:
Tujuan utama: untuk menciptakan
anak Indonesia yang memiliki kualitas, yaitu anak yang dapat tumbuh dan
berkembang sesuai dengan tingkat perkembangan usianya sehingga akan
memiliki kesiapan yang sangat optimal untuk memasuki pendidikan dasar
dan mengarungi kehidupan pada saat masa dewasa.
Tujuan penyerta: sebagai
persiapan anak mencapai kesiapan belajar secara akademik di sekolah.
Masa pelaksanaan pendidikan anak usia dini adalah 0 hingga 6 tahun.
Sdangkan kalau menurut kajian rumpun keilmuan dari PAUD serta
penyelenggaraannya yang terdapat di beberapa negara, PAUD dilaksanakan
mulai sejak usia 0 hingga 8 tahun.
Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini
*Infant dimulai sejak anak usia 0 hingga anak berusia 1 tahun
*Toddler dimulai sejak anak usia 2 hingga anak berusia 3 tahun
*Preschool/ Kindergarten children dimulai sejak anak usia 3 hingga anak berusia 6 tahun
*Early Primary School (SD Kelas Awal) hingga anak berusia 6 hingga anak berusia 8 tahun
No comments:
Post a Comment