Tuesday, October 30, 2012

Pendidikan Karakter Bangsa Di Indonesia


Pendidikan Karakter Bangsa Di Indonesia

Pendidikan Karakter Bangsa Di Indonesia - Meningkatkan mutu pendidikan karakter bangsa sangat penting untuk di tanamkan pada generasi muda indonesia agar lebih beretika serta berbudi pekerti. Untuk menuju pencapaian rasa memiliki terhadap karakter bangsa tertsebut, perlu melibatkan elemen-elemen seperti bidang pendidikan , bidang kebudayaan, pemberdayaan Perempuan, serta para tokoh-tokoh agama.


Bila program pendidikan karakter bangsa ini tercapai tentunya merupakan sebuah langkah maju yang sangat besar dalam kerangka Indonesian building, dan kedepannya diharapkan bisa membantu dalam membangun nilai-nilai yang selama ini barangkali kurang mendapatkan perhatian. Dan ini juga bukan hanya sebatas program saja tetapi perlu diaktualisasikan.

Anda bisa baca artikel Pendidikan Karakter Bangsa Di Indonesia selanjutnya di bawah, info yang berkaitan dengan pendidikan baca di, , Pengertian Ilmu Pendidikan Islam sebelumnya ada sedikit penjelasan terlebih dahulu mengenai arti dan pengertian pendidikan dalam islam. Dan dari metode pendidikan yang ada, terdapat juga cara pembelajaran tidak langsung dan Pembelajaran Langsung yang arahnya menuju  Pembelajaran Kooperatif .



Maraknya kenakalan remaja sekarang ini menunjukkan kalau pendidikan karakter buat para pelajar Indonesia sudah sangat penting sekali untuk dicanangkan kembali. Barangkali sangat perlu ya kalau kurikulum untuk semua mata pelajaran yang ada sekarang ini harus diberi muatan mengenai pendidikan karakter di dalamnya.

Pada dua dekade terakhir ini, Pendidikan Di Indonesia mengalami dis-orientasi, dikarenakan pendidikan yang ada di Indonesia justru mengarah pada bidang industri seperti yang juga pernah terjadi di negara Amerika dan Inggris pada 30 tahun lalu. Padahal, disorientasi dalam dunia pendidikan yang ada di Indonesia itu justru akan menjauhkan pendidikan dari dunia industri.

Masalah disorientasi harus segera diatasi secara de-schooling atau mengarahkan dunia Pendidikan sebagai ihtiar seperti pelayanan atas kebutuhan masyarakat, terutama pada masyarakat pelajar dan orangtua mereka.

Agaknya, dunia pendidikan yang ada di Indonesia sudah waktunya untuk memihak pada cara kompetensi, baik itu mengenai kompetensi keahlian ataupun kompetensi karakter. Dan bukan hanya pada kompetensi pada pelajaran matematika, kimia, fisika, ataupun sejenisnya, seharusnya ada dua kompetensi, yakni kompetisi keterampilan serta karakter.

No comments:

Post a Comment