Tuesday, October 30, 2012

Pendidikan Formal Nonformal Pendidikan Informal Arti Definisi Pendidikan


Pendidikan Formal Nonformal Pendidikan Informal Arti Definisi Pendidikan

Pendidikan Formal Nonformal Pendidikan Informal Arti Definisi Pendidikan- Dalam info sebelumnya sudah tertulis mengenai Pengertian Pendidikan Manfaat Tujuan pendidikan, topik kali ini measih tentang dunia pendidikan. Kita pasti sering mendengar beberapa istilah mengenai pendidikan. Beberapa diantaranya adalah tentang pendidikan formal, pendidikan nonformal dan pendidikan informal. Info pendidikan dari postingan kali ini mengenai ke tiga hal tersebut. 


Pendidikan formal
Pendidikan formal adalah pendidikan yang biasa diselenggarakan dan dilksanakan di sekolah-sekolah pada umumnya. Untuk jalur pendidikan ini memiliki jenjang pendidikan yang sangat jelas, yang dimulai dari pendidikan tingkat dasar, pendidikan tingkat menengah, hingga pendidikan tinggi.

Pendidikan nonformal
Umumnya pendidikan nonformal paling banyak pada saat usia dini, kemudian pendidikan dasar seperti misalnya TPA, atau Taman Pendidikan Al Quran yang banyak dijumpai di mesjid masjid untuk yang beragama islma dan Sekolah Minggu di gereja untuk yang beragama kristen atau katolik.

Disamping hal tersebut di atas juga ada berbagai kursus seperti kursus musik, ada juga bimbingan belajar dll. Juga Program2 PNF atau Keaksaraan fungsional (KF), Pendidikan Kesetaraan (paket A, B, C) , Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Magang dan lain-lain. Baca Pengertian Ilmu Pendidikan Islam 

Pendidikan informal
Kalau pendidikan informal Aadalah suatu jalur pendidikan keluarga atau lingkungan yang berupa kegiatan belajar yang dilakukan secara mandiri dan dikerjakan secara sadar dan bertanggung jawab.

Definisi pendidikan formal : pendidikan formal adalah kegiatan yang sifatnya sistematis, juga berstruktur, bertingkat atau berjenjang yang dimulai dari pendidikan sekolah dasar sampai hingga perguruan tinggi atau yang setingkat dengan itu.

Definisi pendidikan informal : adalah suatu proses pendidikan yang berlangsung sepanjang usia seseorang sehingga tiap orang akan memperoleh nilai, memiliki sikap, ketrampilan serta pengetahuan yang sumbernya berasal dari pengalaman hidup yang di alami sehari-hari, yang di peroleh dari pengaruh lingkungan yang termasuk disini adalah pengaruh dalam kehidupan keluarga, hubungan antar tetanga, hubungan dengan lingkungan pekerjaan, temen, lingkungan pasar, perpustakaan, serta media masa.

Definisi pendidikan non formal : adalah semua kegiatan yang telah terorganisasi dan sistematis dan kegiatan ini ada di luar sistem dari pendidikan sekolahan yang mapan, dikerjakan secara mandiri dan merupakan bagian yang amat penting dari kegiatan yang agak lebih luas, kegiatan ini sengaja dilakukan untuk melayani para peserta didik tertentu untuk mencapai tujuan belajarnya.

No comments:

Post a Comment